Tips Desain Rumah Minimalis Yang Elegan dan Nyaman

Membuat desain rumah minimalis sendiri sebenarnya dapat dikatakan susah-susah gampang. Ruang yang terbatas harus membuat Anda pintar-pintar dalam mengaturnya agar rumah bisa tampak lega dengan penerangan yang bagus. Seperti yang diketahui, salah satu ciri rumah yang sehat adalah mempunyai penerangan yang cukup agar rumah tidak mudah lembab. Tidak hanya itu, rumah juga harus mempunyai sirkulasi udara yang bagus agar suasana di dalamnya semakin nyaman. 

Mempunyai rumah sendiri tentu impian bagi banyak orang. Apalagi jika mendapatkan rumah itu dari hasil kerja sendiri, tentu adalah hal yang membanggakan. Meskipun rumahnya kecil atau minimalis, namun tidak masalah karena dengan desain yang bagus, rumah pastinya bisa terlihat lebih elegan bahkan bisa tampak mewah. 

Nah, bagi Anda yang mempunyai rumah minimalis namun bingung dengan desainnya agar tampak lebih nyaman dan elegan, Anda tidak perlu bingung lagi. Hal itu karena di aratikel ini akan membahas tentang bagaimana mendesain rumah yang minimalis agar menjadi rumah dengan tampilan yang bagus. Anda penasaran? Berikut tips desain rumah minimalis

Tips Desain Rumah Minimalis Agar Tampak Nyaman Namun Juga Elegan

1. Minimalkan Penggunaan Sekat

Sekat Desain Rumah Minimalis

Saat mendesain rumah yang minimalis, maka ingatlah untuk tidak berlebihan dalam membuat pembatas ruangan. Hal itu karena penggunaan pembatas akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Sebaiknya Anda menggunakan perabotan atau kaca bening saja sebagai pembatas ruangan dibandingkan dengan sekat. 

2. Cermin untuk Dekorasi

Cermin Desain Rumah Minimalis

Menggunakan cermin untuk dekorasi rumah minimalis sangat dianjurkan. Hal itu karena cermin mempunyai sifat yang memantulkan bayangan. Dengan begitu, cermin akan menciptakan ilusi yang membuat rumah tampak lebih besar dan luas dari yang aslinya. Anda bisa menggunakan cermin-cermin yang besar untuk dekorasi rumah. Selain itu, Anda juga bisa memilih lemari yang pintunya ada cermin besar, supaya bisa menimbulkan efek yang sama. 

3. Hindari Simpan Barang Tidak Perlu

Lemari Minimalis

Rumah minimalis sebaiknya mempunyai barang-barang yang fungsional. Dimana artinya, Anda harus menyingkirkan atau memisahkan barang yang tidak digunakan dari rumah. Anda juga perlu memastikan jika semua barang yang ada di dalam rumah adalah yang diperlukan saja atau lebih bagusnya barang-barang tersebut multifungsi. 

4. Berikan Kesan Hangat dengan Unsur Alam

Tanaman Minimalis

Memberikan kesan hangat pada rumah minimalis sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan furniture dengan bahan dasar atau motif kayu maupun batu alam. Anda juga bisa tambahkan beberapa tanaman hias di dinding untuk membuat rumah tampak asri. Pilihlah tanaman yang bisa beradaptasi dengan kondisi dalam ruangan serta tidak membutuhkan perawatan yang ekstra atau khusus. Lebih bagusnya lagi, jika Anda memilih tanaman yang bisa membersihkan udara. 

5. Sirkulasi Udara dan Penerangan yang Maksimal

Sirkulasi Udara dan Penerangan Minimalis

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa rumah yang sehat dan ideal adalah rumah yang mempunyai sirkulasi udara dan penerangan cukup. Begitupun dengan rumah minimalis, Anda harus perhatikan jika dua hal tersebut sudah cukup baik untuk rumah Anda. Hal itu supaya rumah tidak terasa pengap, kusam, apalagi lembab. Ada baiknya jika Anda membangun rumah minimalis, rumah tersebut menghadap ke arah matahari terbit sehingga saat pagi hari terkena sinar matahari sehingga kelembaban ruangan bisa berkurang. Tidak hanya itu, Anda bisa memanfaatkan jendela-jendela lebar atau besar untuk penerangan dan sirkulasi udara yang lebih optimal. 

6. Pakai Furniture yang Tidak Menggunakan Banyak Ruang

Furniture Minimalis

Mempunyai rumah minimalis tentu Anda harus pintar-pintar menghemat ruang. Nah untuk dapat menghemat banyak ruang, Anda bisa menggunakan furniture yang menempel di tembok atau furniture gantung. Furniture yang seperti itu akan membuat kesan ruangan yang lebih lapang sekaligus praktis. Tidak hanya itu, furniture gantung juga akan menambah estetika dari rumah Anda. 

7. Pakai Warna-Warna yang Terang

Warna Minimalis

Mempunyai rumah minimalis sebaiknya Anda mengurangi penggunaan warna-warna gelap dan lebih memilih warna-warna yang terang. Anda bisa memilih warna putih atau abu-abu muda untuk menjadi warna dominan. Hal itu karena warna terang akan membuat rumah tampak lebih luas. 

Nah itulah tips desain rumah minimalis yang bisa Anda terapkan di rumah. Sebagai rumah yang kecil, tentu rumah minimalis juga mempunyai ruangan kamar yang kecil. Ruang yang kecil seperti itu tentu juga perlu penataan dan desain yang bisa membuat ruangan nyaman, namun tidak terlalu penuh meski ada cukup banyak barang. Untuk itu, agar Anda bisa menata ruang kamar yang kecil dengan tepat, berikut ini adalah tips desain kamar minimalis yang bisa Anda coba. 

Tips Desain Kamar Minimalis

1. Gunakan Kepala Tempat Tidur Juga Untuk Ruang Penyimpanan

Tempat Tidur Minimalis

Anda bisa menggunakan area kepala tempat tidur secara maksimal dengan menjadikannya lemari penyimpanan. Anda bisa buat lemari tersebut melayang dan menempel di dinding. Dengan begitu, barang-barang Anda bisa di simpan di lemari tersebut. 

2. Gunakan Tempat Tidur Berlaci

Seperti pada informasi pertama desain kamar, saat ini rumah minimalis sudah sangat banyak, maka tidak heran jika banyak pembuat furniture yang menyesuaikan pembuatan furniture dengan tren sekarang ini, salah satunya adalah tempat tidur dengan laci-laci penyimpanan. Dengan begitu, Anda tidak hanya mempunyai lemari sebagai tempat penyimpanan barang di kamar, namun juga ada tempat penyimpanan di sekitar tempat tidur. 

3. Gunakan Kabinet TV

Kabinet TV Minimalis

Jika ingin memasang TV di kamar, ada baiknya daripada membeli meja TV untuk meletakkannya, Anda lebih menggunakan kabinet TV. Mengapa? Tentu karena kabinet TV tidak hanya bisa untuk meletakkan TV, melainkan juga sebagai tempat beberapa barang yang lain. 

4. Ciptakan Ruang Wardrobe

Ruang Wardrobe Minimalis

Jika umumnya orang-orang menggunakan lemari dengan pintu tertutup untuk menyimpan pakaian. Namun untuk rumah minimalis, terkadang lemari malah akan membuat ruangan semakin penuh. Maka dari itu, membuat ruangan wardrobe bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Tidak perlu ruangan ekstra untuk membuatnya, Anda hanya perlu memberikan pembatas yang sederhana saja untuk mendapatkan ruangan tersebut.  

5. Desain Ruang Tidur Sekaligus Sebagai Ruang Kerja

Ruang Tidur Minimalis

Anda bisa membuat kamar tidur yang multifungsi. Artinya kamar tidur itu tidak hanya bisa untuk tempat beristirahat dan tidur, melainkan juga tempat untuk aktivitas lain seperti tempat kerja. Anda bisa membuat tempat tidur yang mempunyai fungsi tambahan seperti ada meja kerja, lalu rak buku, sekaligus lemari penyimpanan. Saat ini sudah banyak jasa pembuatan tempat tidur, bahkan toko furniture yang membuat dan menjual tempat tidur dengan banyak fungsi seperti itu. Jadi, Anda tinggal memilih mana yang paling tepat dan Anda butuhkan. 

Nah demikian pembahasan di artikel ini mengenai desain rumah minimalis dan desain kamar yang kecil. Mendesain rumah kecil memang harus memikirkan banyak hal agar bisa tampak lebih lega dan juga nyaman huni. Dengan berbagai tips di atas, semoga dapat menginspirasi Anda untuk menata dan mendesain rumah minimalis yang dimiliki. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Cara Mudah Isi Saldo Gopay

Tinggalkan komentar