Cara Mudah Untuk Naik MRT

Munculnya Moda Raya Terpadu atau yang biasa dikenal sebagai MRT merupakan bukti jika perkembangan zaman juga sudah sangat cepat, kebutuhan akan transportasi umum untuk menekan jumlah kemacetan juga secara langsung diciptakan. Keberadaan transportasi umum juga kian berkembang. Keberadaan transportasi canggih ini memudahkan Anda jika ingin bepergian kemana-mana.

Namun, beberapa dari Anda mungkin masih ada yang bigung bagaimana cara naik moda raya terpadu. Buat Anda yang masih bingung bagaimana cara naik moda raya terpadu, Anda bisa mengikuti pembahasan artikel ini sampai selesai.

Cara Naik MRT Indonesia

MRT sendiri memiliki rute yang beragam dengan jadwal keberangkatan yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan naik moda raya terpadu, Anda harus cermat dalam mempirkarakan rute perjalanan yang akan Anda tempuh. Selain itu, mengenai tata cara pembelian tiket, jadwal keberangkatan, tips dan trick berpergian, hingga hal,-hal yang petlu Anda perhatikan saat menaiki moda raya terpadu dapat Anda simak pada artikel di bawah.

1. Datanglah ke Stasiun MRT Terdekat

Jika hendak menaiki moda raya terpadu, memang sudah sepatutnya mengunjungi stasiun terlebih dahulu. Ketahuilah lokasi dari stasiun-stasiun moda raya terpadu, dan pilihlah mana stasiun yang dekat dengan lokasi Anda berada. Dengan begitu Anda akan menghemat waktu Anda dan tidak mengeluarkan banyak biaya untuk sampai ke stasiun.

2. Membeli Tiket

Jika Anda belum pernah membeli tiket sebelumnya ada baiknya Anda ke loket untuk membeli tiket. Anda akan mendapatkan tiket berbentuk kartu yang akan Anda gunakan sebagai akses masuk. Terdapat dua pilihan jenis tiket yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan yaitu Single Trip Ticket dan Multi Trip Ticket. Namun, jika Anda berniat menggunakan moda raya terpadu dalam jangka waktu lama,  disarankan Anda untuk membeli jenis Multi Trip Ticket supaya Anda tidak perlu capek-cepek melakukan refund.

3. Tempel Tiket pada Gate (Gerbang Masuk)

Baca Juga :  Cara Untuk Melakukan Top Up OVO

Supaya pintu masuk moda raya terpadu terbuka, Anda diperkenankan untuk menempelkan kartu Anda. Anda tidak perlu khawatir, sebab waktu pembacaan kartu tidak memakan waktu yang lama. Setelah itu saldo moda raya terpadu Anda akan berkurang. Pastikan ada menjaga kartu Anda agar tidak hilang.

4. Antre di Belakang Garis Aman

Demi menjaga keselamatan Anda, saat menunggu moda raya terpadu tiba, pastikan Anda menunggu di belakang gari Aman. Hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti risiko kecelakaan.

5. Jagalah Ketertiban Saat Masuk MRT

Supaya tidak ada aksi saling dorong atau berebut, tetaplah jaga ketertiban saat akan memasuki MRT. Dahulukan penumpang yang ingin keluar. Setelah semua penumpang sudaj turun dengan aman, masuklah ke dalam moda raya terpadu dengan tertib.

6. Tempelkan Kartu Anda Kembali

Saat Anda sudah sampai ke stasiun berikutnya, tempelkan kartu Anda kembali di gerbang keluar. Ingatlah untuk selalu menjaga ketertiban.

7. Refund

Ini adalah pilihan opsional bagi Anda pengguna tiket jenis Single Trip Ticket. Jika masa berlaku kartu Anda sudah hampir habis atau Anda tidak berencana bepergian dengan menggunakan moda raya terpadu dalam waktu dekat, Amda bisa mengajukan refund. Anda akan mendapatkan kembali uang deposit Anda dengan mengembalikan kartu yang Anda punya. Tiket jenis Single Trip Ticket sendiri memiliki masa berlaku selama 7 hari atau seminggu.

Nah inilah dia bagaimana cara naik moda raya terpadu. Tentu saja naik moda raya terpadu bukanlah suatu hal yang sulit. Asalkan Anda tetap tertib saat melakukan perjalanan, Anda tidak akan mengalami masalah.

Hal-Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Selain memahami bagaimana cara naik moda raya terpadu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Ini demi mempermudah Anda saat akan mencari rute yang tepat untuk perjalanan Anda, menentukan waktu keberangkatan dan memperkirakan biaya yang harus Anda gunakan. Hal-Hal tersebut antara lain:

Baca Juga :  Cara Membuat Channel Youtube Dengan Benar

Rute perjalanan MRT di Jakarta

Moda Raya Terpadu sendiri sudah memiliki rute yang telah ditetapkan. Supaya Anda tidak bingung dalam menentukan stasiun pemberhentian Anda, berikut ini adalah rute yang dilakui oleh moda raya terpadu:

  1. Stasiun Lebak Bulus
  2. Stasiun Fatmawati
  3. Stasiun Cipete Raya
  4. Stasiun Haji Nawi
  5. Stasiun Blok A
  6. Stasiun Blok M
  7. Stasiun Sisingamangaraja
  8. Stasiun Senayan
  9. Stasiun Istora
  10. Stasiun Benhil
  11. Stasiun Setiabudi
  12. Stasiun Dukuh Atas
  13. Stasiun Bundaran HI

Jadwal Keberangkatan Moda Raya Terpadu

Anda tidak perlu khawatir jika moda raya terpadu tidak tersedia, karena moda raya terpadu memiliki jadwal yang teratur. Jika moda raya terpadu yang akan Anda tumpangi penuh, Anda bisa menunggu MTR selanjutnya dalam selang waktu yang tidak terlalu lama.

Untuk jam operasionalnya, moda raya terpadu mulai beroperasi dari pulul 05.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Pada saat masuk jam sibuk, moda raya terpadu akan dioperasikan setiap 5 menit sekali. Sedangkan diluar jam sibuk moda raya terpadu akan dioperasikan setiap 10 menit sekali.

Harga Tiket Moda Raya Terpadu Jakarta

Mengenai tarif moda raya terpadu sendiri, harganya cukup terjangkau. Dalam keberangkatan pertama Anda akan dikenai tarif sebesar Rp. 3000,00. Selanjutnya, setiap bertambah satu stasiun, tarif harga moda raya terpadu akan bertambah sebesar  Rp. 1000,00. Untuk perjalanan terjauh, Anda hanya akan mengeluarkan biaya sebesar Rp.14.000,00. Bagaimana? Harganya cukup murah bukan?

Nah, beginilah cara naik moda raya terpadu dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan perjalan dengan menggunakan Moda Raya Terpadu ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar