Cara Membuat Channel Youtube Dengan Benar

Saat ini cara membuat channel YouTube menjadi salah satu pilihan yang banyak di ikuti oleh kaum milenial, platform daring populer yang digunakan banyak orang dikarenakan konten-konten YouTube sangat menghibur dan memberikan pengetahuan. Konten-Konten tersebut dibuat oleh content creator kreatif, walaupun tidak bisa dipungkiri masih ada konten sampah di YouTube. Hal ini bukan tanpa alasan, setiap pembuat konten ini mengunggah video, mereka melakukan monetisasi setelah menyelesaikan beberapa syarat tertentu.

Hal ini kemudian menjadi motivasi bagi setiap orang baik itu dari kalangan selebriti atau masyarakat biasa untuk menayangkan konten mereka. Jika Anda adalah salah satu yang ingin tau bagaimana caranya membuat channel YouTube, Anda bisa menyimak pembahasan serta tips dan trik berikut ini.

Cara Untuk Membuat Channel YouTube Terbaru

Perlu diketahui, sebuah channel YouTube terintegrasi dengan akun Google. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membuat channel YouTube silahkan buatlah terlebih dahulu akun Google. Bagi Anda yang sudah mempunyai akun Google, Anda juga bisa menggunakan akun tersebut atau membuat akun baru khusus untuk kegiatan YouTube Anda supaya tidak tercampur dengan hal lain di akun Google utama Anda:

Jika akun Google Anda sudah siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akun YouTube:

Untuk cara membuat channel YouTube, tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs YouTube terlebih dahulu, baik dari browser perangkat PC maupun smartphone. Untuk membuat akun YouTube sangat disarankan Anda masuk melalui browser daripada aplikasi YouTube walaupun keduanya merupakan cara membuat channel YouTube.

Jika Anda belum pernah masuk melalui akun Google Anda di YouTube sebelumnya, klik “Sign In” atau “Masuk” tergantung dengan prefensi bahasa yang Anda gunakan (dari sekarang tutorial ini akan menggunakan prefensi bahasa Inggris).

Baca Juga :  Tips Desain Rumah Minimalis Yang Elegan dan Nyaman

Tambahkan akun yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan akun ini benar-bemar siap baik dari segi foto profil yang menarik maupun akun ini tidak menganggu aktivitas Anda yang lain misalnya untuk penggunaan email atau layanan Google seperti Blogger. Pastikan jika Anda membuat akun yang mandiri.

Setelah Anda berhasil masuk dengan akun yang Anda siapkan, Anda bisa mengklik foto profil Anda yang ada di pojok kanan atas dan pilihlah opsi “Create a New Channel” untuk membuat channel baru.

Akan ada pop-up dari youtube sebelum Anda membuat channel baru klik “Start“.

Anda akan diminta untuk memilih memasukan nama untuk channel baru Anda, apakah sesuai dengan nama akun Google Anda atau Anda ingin memilih nama kustom misalkan Anda ingin menyesuaikan dengan brand atau perusahaan Anda tanpa harus mengubah nama dari akun Google Anda.

Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor HP, silahkan pilih metode yang ingin Anda pakai apakah menggunakan SMS atau panggilan suara. Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan SMS atau panggilan masuk yang memberikan informasi tentang kode verifikasi. Masukan kode verifikasi ke kolom yang sudah disediakan dan silahkan verifikasi.

Setelah melakukan verifikasi, channel Anda sudah selesai. Anda bisa mulai melakukan optimasi pada channel baru Anda dan mengunggah Video.

Tips dan Trik Seputar Membuat dan Mengembangkan Channel

Ini adalah tips dan trik seputar cara membuat channel youtube dan bagaimana mulai mengembangkan channel Anda. Ada baiknya Anda menyimak pembahasan ini terlebih dahulu sebelum Anda mulai membuat Channel.

1. Pilihlah Nama Channel yang Menarik dan Mudah diingat

Jika Anda tidak mewakili brand atau perusahaan tertentu, pastikan Anda membuat nama yang mudah diingat. Pastikan juga untuk membuat nama yang menarik dan unik. Anda dapat menggunakan nama Anda dipadukan dengan beberapa kata kunci yang sesuai dengan niche channel Anda. Misalkan Anda membahas seputar teknologi di channel Anda, Anda bisa menggunakan nama Anda+Salah satu kata kunci yang berhubungan dengan tekno seperti “Arif Tekno”.

Baca Juga :  Cara Untuk Melakukan Top Up OVO

Atau pun jika Anda memikirkan nama unik yang masih relevan dengan channel Anda, silahkan untuk digunakan seperti misalnya ” LaptopKu”. Namun ingat untuk tidak menggunakan nama yang sulit diingat seperti misalnya “KeyAndBoardGeeks1997”. Selain panjang , nama tersebut sulit diingat dan dieja oleh orang Indonesia. Rawan sekali terjadi kesalahan pemasukan query yang menyebabkan channel Anda sulit ditemukan.

2. Tingkatkan Tampilan Visual Channel Anda

YouTube memang suatu platform yang lebih menonjolkan sisi visual bahkan untuk konten yang lebih mengandalkan suara seperti podcast. Maka dari itu, untuk menarik perhatian viewer, “hiaslah” tampilan channel Anda sebaik mungkin. Gunakan foto profil dengan kualitas baik, atau lebih baik Anda menggunakan foto Anda sendiri (dengan kualitas baik tentunya).

Buatlah sampul dari Channel Anda sebaik mungkin. Selain memperindah tampilan visual dari sampul, pastikan sampul Anda memuat informasi tentang channel Anda seperti nama channel atau deskripsi singkaf tentang channel Anda. Anda juga bisa menambahkan informasi tambahan seperti akun sosial media Anda, situs atau blog milik Anda, atau mungkin jadwal unggah dari video Anda agar channel Anda terlihat lebih propessional.

Baiklah, mungkin pembahasan mengenai panduan cara membuat channel youtube sampai disini dulu. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat channel YouTube dengan lebih baik.

2 pemikiran pada “Cara Membuat Channel Youtube Dengan Benar”

Tinggalkan komentar